Sabtu, 23 Agustus 2014

TETAP PRODUKTIF DI MASA SULIT


Ilmu akan menjaga kita, sementara uang belum tentu dapat menjaga kita, itulah pesan orang tua kita dulu. Entah apapun keahlian itu, yang jelas Anda harus memilikinya. Anda akan lebih berguna dan dihargai oleh masyarakat karena memiliki keahlian.

Sebagai sebuah contoh sederhana, seandainya Anda menguasai bidang komputer maka Anda dapat memberdayakan kemampuan dan keahlian Anda itu, tidak saja untuk dapat bertahan, tetapi mungkin sebagai peluang usaha permanen yang dapat Anda kembangkan dan malahan dapat Anda wariskan kepada anak-cucu kelak. Kenapa tidak? Namun paling tidak, Anda tidak akan menjadi beban siapa pun, apalagi mengharapkan bantuan dari negara seperti saat krisis tahun 1998 menerpa, dimana pemerintah terpaksa membuat kebijakan Jaring Pengaman Sosial yang seperti kita semua sudah tahu, ujung-ujungnya jadi sumber korupsi orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

Okelah bila sekarang ini Anda hanya berpikir menjadikan peluang tersebut sebatas untuk dapat bertahan dan agar tetap produktif sembari mencari peluang berkarir di salah satu perusahaan yang Anda pikir cocok bagi minat dan keahlian yang Anda miliki. Peluang yang dapat Anda lakukan berdasarkan kemampuan Anda dalam bidang komputer tersebut adalah dengan memberikan les privat ke berbagai sekolah, institusi, perusahaan atau individual. Kemampuan Anda dalam suatu mata pelajaran tertentu juga dapat Anda manfaatkan. Apalagi Anda menguasai suatu mata pelajaran yang secara umum dianggap sulit. Itu juga sebuah peluang dan kesempatan. Menjadi tentor mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, music, computer dan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Silahkan dipelajari dan buka lagi buku pelajaran waktu sekolah dulu. Menjadi tentor juga tidak banyak memerlukan modal. Yang paling krusial untuk Anda miliki adalah alat komunikasi yang dapat dihubungi dimanapun Anda sedang berada. Selain itu, Anda tentu harus mempersiapkan silabus dan mungkin juga kurikulum sesuai dengan kebutuhan para pelanggan Anda.

Lalu bagaimana cara menjaring para pelanggan? Mungkin ada baiknya untuk menghubungi beberapa kenalan Anda baik dari masa sekolah/kuliah dulu, membuat blog dan memasang iklan disana, memasang iklan di sebuah harian surat kabar tertentu. Sebar brosur ke sekolahan, institusi, atau perusahaan. Anda dapat juga memasang pamflet di toko, warung makan, dinding pengumuman umum, dan sebagainya. Ciptakan sebuah kebutuhan, orang tidak akan butuh jika Anda tidak mengiklankannya.

Bila Anda mendapat respon yang bagus, bukan tidak mungkin Anda akan dapat memberikan peluang usaha bagi rekan-rekan Anda yang juga tengah mengalami masalah yang sama dengan Anda. Untuk itu, ciptakanlah network sehingga akan sangat menguntungkan bagi Anda dan rekan-rekan Anda. Contoh sederhananya begini, seandainya Anda diminta untuk memberi pelajaran di jam yang bentrok dengan jadwal Anda, maka Anda bisa mengoperkannya kepada rekan yang available saat itu. Dengan demikian, dengan kesepakatan terlebih dahulu tentunya, Anda bisa mendapatkan fee dari rekan Anda tersebut. Itu artinya sebagai sebuah kerjasama saling menguntungkan atau semacam simbiosis mutualisme seperti istilah dalam bidang Biologi itu. Namun akan lebih bagus bila berpikir seperti ini; ingat sebuah pesan bijak; tuailah apa yang Anda tanam.

Bila Anda memiliki network yang tidak hanya menguasai bidang pengajaran yang serupa dengan keterampilan yang Anda kuasai, maka Anda bisa juga mendapatkan keuntungan dari hal demikian. Apa pasal? Sederhananya begini, bila Anda tidak memiliki keterampilan berbahasa Perancis, sementara Anda mengenal seseorang yang mampu menguasai keterampilan tersebut, maka Anda bisa menempatkannya di media brosur yang Anda sebarkan tadi. Sekali lagi tentunya dengan konfirmasi terlebih dahulu dengan rekan kerja Anda itu. Jadi sewaktu-waktu ada yang membutuhkan tentor bahasa Perancis, Anda dapat melemparkannya kepada rekan Anda itu.

Usaha kursus privat ini lebih menitikberatkan pada kepercayaan diri Anda untuk senantiasa tampil meyakinkan sebagai orang yang professional. Pikiran harus tetap terbuka untuk mendapatkan suatu pengalaman dan pengetahuan baru. Layaknya usaha bidang jasa lainnya, maka pelayanan yang Anda berikan adalah segalanya. Ini bisa juga akan menjadi iklan khusus buat Anda karena pelanggan yang puas akan merekomendasikan Anda kepada para kenalan mereka. Selain itu, selalulah ber pikir positif karena dengan itu, Anda akan lancar berkomunikasi dengan para pelanggan Anda.

Jika Anda berniat untuk tetap melanjutkan usaha Anda itu, tentu akan sangat bagus sekali karena Anda akan membuka lapangan kerja bagi sebagian orang. Anda bisa menyewa para professional di bidang masing-masing dan juga memberikan kontribusi pada penerimaan pajak sekecil apa pun itu. Usaha Anda itu pun harus didaftarkan perizinannya pada Departemen terkait.

Itulah salah satu peluang yang dapat Anda lakukan agar dapat bertahan atau memiliki usaha sampingan di saat krisis yang sepertinya masih betah menaungi negara tercinta ini. Ada banyak peluang tentunya yang dapat Anda lakukan. Yang pasti, jangan pernah menyerah. Selamat mencoba dan semoga sukses. (nfr)


Sumber: alifahru; kursus privat@isnaini.com 

PELUANG PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Budidaya jamur tiram putih yang bernama latin Pleurotus ostreatus ini masih tergolong baru. Di Indonesia budidaya jamur tiram mulai dirintis dan diperkenalkan kepada para petani terutama di Cisarua, Lembang, Jawa Barat pada tahun 1988, dan pada waktu itu petani dan pengusaha jamur tiram masih sangat sedikit. Sekitar tahun 1995, para petani di kawasan Cisarua, yang semula merupakan petani bunga, peternak ayam dan sapi mulai beralih menjadi petani jamur tiram meski masih dalam skala rumah tangga. Dalam perkembangannya, beberapa industri berskala rumah tangga bergabung hingga terbentuk CV dan memiliki badan hukum. 

Sekilas tentang Jamur Tiram 

Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jamur kayu yang sangat baik untuk dikonsumsi manusia. Selain karena memiliki cita rasa yang khas, jamur tiram juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Jamur tiram mengandung protein sebanyak 19 - 35 % dari berat kering jamur, dan karbohidrat sebanyak 46,6 - 81,8 %. Selain itu jamur tiram mengandung tiamin atau vit. B1, riboflavin atau vit. B2, niasin, biotin serta beberapa garam mineral dari unsur-unsur Ca, P, Fe, Na, dan K dalam komposisi yang seimbang. Bila dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram, maka kandungan gizi jamur masih lebih komplit sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan. 


Budidaya jamur tiram memiliki prospek ekonomi yang baik. Jamur tiram merupakan salah satu produk komersial dan dapat dikembangkan dengan teknik yang sederhana. Selain itu, konsumsi masyarakat akan jamur tiram cukup tinggi, sehingga produksi jamur tiram mutlak diperlukan dalam skala besar. 

Latar Belakang 

Pemilihan bentuk usaha budidaya jamur tiram ini dilatarbelakangi oleh : 

Budidaya jamur tiram memiliki prospek ekonomi yang baik. Pasar jamur tiram yang telah jelas dan permintaan pasar yang selalu tinggi dan minus ini memudahkan para pembudidaya memasarkan hasil produksi jamur tiram. 

Jamur tiram merupakan salah satu produk komersial dan dapat dikembangkan dengan teknik yang sederhana. Bahan baku yang dibutuhkan tergolong bahan yang murah dan mudah diperoleh seperti serbuk gergaji, dedak dan kapur, sementara proses budidaya sendiri tidak membutuhkan berbagai pestisida atau bahan kimia lainnya. 

Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar pertanian jamur tiram. 


ANALISIS PASAR 

Deskripsi produk 

Produk jamur tiram yang dihasilkan berupa : 
-Jamur Tiram segar 
-Produk turunan Jamur Tiram seperti kripik jamur, jamur goreng tepung, jamur siap masak dalam kemasan plastik, dll. 

Prospek Pasar Budidaya Jamur 

Budidaya jamur tiram di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung telah memiliki pasar yang jelas. Hampir semua petani jamur tiram memiliki hubungan dengan pedagang yang siap menerima hasil produksi jamur tiram dari petani dengan harga yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan tanaman sayuran lainnya. Hal ini diperkuat dengan beberapa alasan sebagai berikut: 

1.Permintaan jamur tiram di daerah Bandung dan sekitarnya mencapai 7 - 10 ton /hari. Adapun produksi jamur tiram baru mencapai 2,5 - 3 ton /hari. Ini berarti terdapat gap sebesar 4 - 7 ton /hari, yang sedikitnya dapat diisi dalam rencana budidaya jamur tiram ini. 

2.Pasar jamur tiram saat ini telah meluas di sekitar Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten sehingga diperlukan produksi jamur tiram dalam skala besar. 

3.Masyarakat semakin sadar pentingnya mengkonsumsi jamur untuk tujuan kesehatan. 

4.Jamur saat ini dikonsumsi sebagai pengganti daging selain dari beralihnya pola makan masyarakat kepada bahan pangan organik. 


Kebutuhan dan Kecenderungan Pasar 

Target market usaha ini adalah konsumen jamur dari house need sehingga kebutuhan akan jamur tiram masih tergolong tinggi dan pemenuhannya masih terbatas pada pasar tradisional pada umumnya dan beberapa retail pada beberapa kota besar. 

Sementara itu kecenderungan pasar akan jamur tiram masih tergolongkan pada secondary goods, namun permintaan pasar masih tinggi. Sebaliknya pada segmen hotel dan restoran yang kebutuhan akan jamur tiramnya cukup tinggi suppliers jamur tiram minim dan masih sangat dibutuhkan. 

Kecenderungan dari hotel dan restoran yang paling penting untuk disikapi adalah pelayanan akan faktor satisfaction penyediaan barang, mulai dari ketepatan waktu, jenis pambayaran, layanan purna jual, dan yang paling utama penurunan harga jual. 

Proyeksi Pengembangan Usaha 

Usaha ini diorientasikan sebagai usaha kecil menurut banyak pakar ekonomi, namun usaha tersebut dipandang sebagai tulang punggung dalam salah satu pemulihan ekonomi Indonesia. Untuk itu pengembangan budidaya jamur ini akan dibagi dalam tiga tahap, yaitu: tahap industri kecil awal, tahap industri kecil lanjut, dan tahap industri menengah. Penjelasan mengenai ketiga tahap industri tersebut adalah sebagai berikut : 

A. Tahap Industri Kecil Awal 
Tahap ini merupakan langkah awal menuju terbentuknya industri padat karya yang kuat dan kokoh
- Menerapkan standar produksi yang tepat untuk mengoptimalkan hasil budidaya jamur. 
- Penyempurnaan sistem produksi, keuangan dan distribusi. 
- Penambahan tenaga kerja. 
- Pencarian investor 
Tahap industri kecil awal ini merupakan jembatan menuju berdirinya industri kecil yang kokoh. Investasi yang dibutuhkan untuk tahap industri kecil awal diperkirakan berkisar antara 30 hingga 100 juta rupiah. 

B. Tahap Industri Kecil Lanjut 
Tahap ini merupakan pengembangan dari tahap industri kecil awal. Setelah kebutuhan dana mencukupi, dan seluruh kekurangan telah dapat diatasi, maka dimulailah industri kecil lanjut yang ditargetkan untuk memiliki perijinan dan pembentukan badan usaha. Industri ini diharapkan mampu menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari pekerja kasar di bagian produksi hingga profesional di bidang pemasaran, R & D dan administrasi. 

Tahap industri kecil lanjut ini merupakan jembatan menuju berdirinya industri menengah nasional yang produksinya diperkirakan mencapai sedikitnya 100.000 baglog produksi per musim. Tahap industri kecil lanjut itu sendiri diharapkan mampu memproduksi hingga 9 ton per bulan. Investasi yang dibutuhkan untuk tahap industri kecil lanjut ini diperkirakan berkisar antara 150 hingga 200 juta rupiah. 

C. Tahap Industri Menengah Nasional 

Secara umum, tahap industri menengah adalah perluasan dari industri kecil, mulai dari sistem, kapasitas produksi hingga ekspansi distribusinya. Tidak tertutup kemungkinan untuk melakukan ekspor. Tahap ini diharapkan mampu menyerap sedikitnya 50 tenaga kerja. Investasi yang diperlukan masih dalam analisis. 


Bagi rekan rekan yang memiliki minat untuk mendalami dunia usaha ini kami membuka kesempatan kerjasama dalam bentuk investasi 

keterangan lebih lengkap dapat dilihat di 

http://organikganesha.wordpress.com/ 

terimakasih 

MENGAPA USAHA ANDA MEMBUTUHKAN WEBSITE ?

Mungkin anda berpikir bisnis anda masih terlalu kecil untuk membutuhkan sebuah website. Mungkin anda berpikir membuat website itu sulit dan memerlukan biaya yang besar, sedangkan hasilnya tidak sepadan. Bila anda berpikir demikian, sebaiknya anda merubah paradigma anda. Berikut saya kemukakan alasan-alasannya : 

- Banyak prospek akan mencari anda secara on-line. Mereka akan mengetikkan informasi yang mereka butuhkan di search engine. Bila anda tidak mempunyai website, maka hanya website kompetitor anda sajalah yang akan muncul. Berarti anda telah kehilangan kesempatan untuk melakukan penjualan. Bagi banyak prospek, bisnis anda sama saja tidak eksis, bila tidak dapat ditemukan dengan search engine. Di jaman sekarang, tidak mempunyai website sama saja seperti tidak terdaftar di buku telepon. 

- Mempunyai website hanya membutuhkan biaya yang murah sekali. Jaman dimana mempunyai website membutuhkan biaya yang besar telah lewat. Hanya dengan Rp 200.000,- per tahun, anda sudah dapat mempunyai domain berikut hosting website anda. Sedangkan untuk membuat websitenya, jika anda tidak mau mengeluarkan biaya tambahan, anda dapat membuatnya sendiri.

- Website adalah sarana advertising yang sangat baik. Apakah anda ingin mempromosikan produk atau jasa anda, website adalah cara yang sangat tepat untuk melakukannya. Advertising dengan cara lain membutuhkan biaya yang lebih besar, terutama bila anda ingin mentargetkan ke market yang spesifik, dan tidak ada jaminan mereka akan memberikan perhatian. Website adalah selayaknya brosur yang bebas untuk direproduksi, interaktif, dan dengan cepat dapat didistribusikan kepada mereka yang memang memerlukannya. Tidak ada media lain yang dapat menyaingi kemudahan penggunaan dan keefektifan sebuah website. 

- Website menjangkau seluruh dunia. Di dunia web, tidak menjadi masalah apakah seseorang berada di sebelah anda atau berada di sisi dunia yang lain. Mereka akan melihat website anda sama seperti setiap orang lain, tanpa ada biaya tambahan baik pada mereka atau pada anda. Telepon atau surat membutuhkan biaya yang besar bila jaraknya jauh, tetapi website memungkinkan anda mengirimkan informasi ke mana saja tanpa usaha atau biaya tambahan. Anda dapat menjalin kontak dengan seseorang di suatu tempat, yang tidak pernah anda kunjungi dan tidak akan anda kunjungi. Website membuat bekerja secara global seperti bekerja lokal. 

- Website dapat menghasilkan uang. Banyak uang beredar di web, dan tidak sulit untuk mendapatkan sebagian. Semakin lama usaha anda on-line, semakin besar bagian yang anda dapat. Jika anda punya barang untuk dijual, anda dapat menjualnya ke seluruh dunia, berkat adanya kartu kredit atau sistim pembayaran internet seperti egold, paypal, dll. Menjalankan bisnis secara on-line akan menghapus hampir semua biaya overhead anda. 

- Website dapat menghemat waktu anda. Memberikan informasi memerlukan waktu, apakah itu lewat telepon, e-mail atau mengirimkan brosur. Website didesain untuk menghemat waktu anda. Prospek anda dapat melihat katalog produk tanpa perlu berbicara atau mengunjungi anda. Dengan website, informasi dapat ditulis satu kali, dan selanjutnya dapat diakses oleh prospek anda secara akurat dan terus-menerus. 

Langkah-langkah untuk membuat Toko Online

Banyak orang telah memanfaatkan media internet untuk menjalankan bisnisnya. Para mahasiswa biasanya memanfaat media jejaring sosial, seperti facebook untuk menghasilkan uang. Jualan baju, alat kecantikan ataupun buku adalah hal yang lumrah dilakukan oleh kalangan mahasiswa dengan memanfaatkan akun facebook atau pun google+ mereka. Sambil menjalin dan memperluas persahabatan, mereka sekaligus ingin mencari penghasilan tambahan. Untuk anda yang ingin lebih serius dalam memasarkan produk anda lewat media internet, ada baiknya membuka sebuah toko online sebagai sebuah etalase toko anda di dunia maya. 
Dengan memiliki sebuah toko online untuk produk yang anda jual, maka anda akan memperoleh beberapa keuntungan, antara lain:
  • Menambah nilai prestise (gengsi) terhadap produk anda, karena mampu memberikan kesan pada konsumen bahwa usaha anda dikelola secara profesional.
  • Memberikan kemudahan kepada para konsumen untuk dapat mengakses segala produk yang anda pasarkan tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat anda.
  • Memperluas jangkauan pemasaran karena produk yang anda tawarkan bisa dilihat oleh seluruh dunia dalam rentang 24 jam.
Di Indonesia, kendala yang sering menjadi masalah bagi pengusaha yang membuka toko online adalah masih banyak alamat rumah para konsumen yang tidak valid, terutama yang berada di wilayah pedesaan, sehingga para pengantar barang terkadang tidak menemukan alamat orang yang memesan barang tersebut atau bahkan salah alamat. Berbeda dengan negara-negara barat, seseorang hanya memiliki satu identitas dan satu alamat yang pasti, sehingga jasa pengantar barang dapat dengan mudah dan cepat menemukan orang yang membeli barang secara online tersebut. Namun, hal tersebut kini bisa disiasati dengan selalu berkomunikasi dengan para pelanggan melalui nomer HP mereka ketika proses pengiriman dilakukan. Beberapa kelemahan dari transaksi melalui toko online antara lain:
  • Harga produk lebih mahal, karena biasanya biaya pengiriman ditanggung oleh konsumen.
  • Masih banyak alamat rumah di Indonesia yang belum memiliki alamat yang valid.
  • Masih banyak konsumen yang takut berbelanja secara online (takut penipuan).

Untuk membuka sebuah toko online bagi perusahaan anda, ada beberapa langkah yang harus anda tempuh, yaitu:
  • Menyiapkan website. Dalam menyiapkan sebuah website, hal-hal yang perlu anda lakukan adalah memilih nama domain (alamat website). Nama domain harus sesuai dengan produk yang anda jual, misalnya www.bajukeren.com (menjual baju), www.lampu-cerah.com (menjual aneka lampu). Membeli nama domain dan juga sekaligus hostingnya bisa anda lakukan diwww.idwebhost.com, atawww.rumahweb.com,www.dapurhosting.com, dan banyak lagi secara online. Biaya yang dikenakan mulai dari Rp. 100.000/tahun hingga jutaan rupiah pertahun tergantung paket yang anda pilih. Setelah alamat website anda punyai, selanjutnya membuat tampilan (template) website anda. Jika anda tidak ingin pusing-pusing, mengurusi masalah tersebut, anda bisa membeli paket komplit (toko online siap pakai) yang banyak dijual-jual di internet.
  • Berikutnya adalah menyiapkan gambar produk yang anda jual beserta berbagai keterangannya, misalnya harga produk, kegunaan barang, cara pakai, dan sebagainya.
  • Mempersiapkan akun / nomor rekening bank untuk transaksi secara online. Para pengusaha biasanya mempunyai lebih dari satu nomor rekening dari bank-bank yang berbeda untuk mempermudah dan mempercepat transaksi. Jika memiliki banyak nomor rekening dari berbagai bank nasional (BRI, BNI, Mandari, BCA, dll) maka anda dapat mengurangi biaya transaksi dari lintas bank. Utamakan untuk memilih bank yang sudah melayanai transaksi online. Selalin itu, para konsumen juga diberikan kemudahan untuk memilih transaksi berdasarkan rekening bank yang mereka miliki. Selanjutnya, setelah anda mempunyai nomor rekening bank, anda perlu membuat deskripsi cara dan syarat pembayaran yang akan anda tampilkan di website anda.
  • Memilih cara pengiriman barang. Misalnya menggunakan jasa pengiriman barang untuk konsumen yang berada di luar kota dengan menggunakan Pos, TiKi, JNE, dan sebagainya. 
  • Menyiapkan informasi kontak dan customer service. Biasanya melalui nomer telepon atau Yahoo Massanger. Gunanya adalah agar para konsumen bisa berkomunikasi dengan perusahaan anda terhadap hal-hal yang belum mereka pahami dengan jelas.
  • Mengikuti aturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Undang-undang mengenai jual beli barang secara online dikenal dengan nama ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Anda sebaiknya mempelajari hal-hal yang terkait dengan aturan transaksi online baik yang menyangkut pajak, kuota barang, cara pembayaran, dan sebagainya.
  • Setelah semua siap, termasuk stok barang yang akan anda jual, maka anda siap meluncurkan website anda sebagai rumah toko usaha anda di dunia maya.
  • Untuk semakin meningkatkan volume penjualan anda, maka lakukan promosi, baik yang gratis (melalui Facebook, berkomentar di blog orang, dsb) atau promosi yang berbayar misalnya memasang iklan di radio, koran, ataupun di internet). 

Demikianlah kawan gambaran singkat cara membuka sebuah toko online untuk usaha anda. Salam sukses!

8 Peluang Usaha Kecil Menengah yang Prospektif Tahun 2014

Menganalisa peluang bisnis yang cerah di tahun 2014 bukanlah perkara yang mudah. Catatan bisnis di tahun 2013, agenda pemerintah dan prediksi perekonomian global maupun nasional yang akan terjadi di tahun 2014 merupakan beberapa bahan pertimbangannya. Menurut astrologi China, tahun 2014 adalah tahunnya shio kuda. Kuda sebagai lambang kecepatan dan ketangkasan tentu juga berpengaruh dalam kompetisi bisnis, siapa cepat dia dapat! Jadi, jika ingin sukses harus mawas diri membaca peluang usaha yang menguntungkan. Menurut kerjausaha.com, inilah delapan peluang usaha bagi pemodal kecil dan menengah yang prospektif di tahun 2014 untuk pangsa pasar Indonesia:

1. Usaha Percetakan
Tahun 2014 bangsa Indonesia akan mengadakan pesta lima tahunan, yakni Pemilihan Umum. Jika anda telah memiliki usaha percetakan spanduk dan baliho, maka siap-siaplah panen rejeki. Puluhan partai dan ratusan calon anggota dewan baik pusat maupun daerah, serta kandidat presiden yang ingin berebut kursi tentu membutuhkan atribut-atribut kampanye seperti spanduk, pamflet, pin, sticker, brosur, dan sebagainya. Hal ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Jika anda tertarik memulai usaha percetakan spanduk dan baliho, lihat panduannya di sini!

2. Bisnis Gadget dan Pulsa
Menurut berbagai riset dan analisa pasar, pengguna mobile gadget terutama smartphone akan mengalami pertumbuhan yang pesat, termasuk di Indonesia. Jika anda punya modal 10-20 jutaan rupiah, maka anda bisa mencicipi manisnya bisnis penjualan handphone dan pendukungnya, seperti assesoris ponsel dan pulsa.

3. Waralaba
Di tahun 2013, bisnis yang berkonsep waralaba (franchise) mengalami pertumbuhan yang menjanjikan. Bukan hanya waralaba makanan dan minuman saja, beragam bidang usaha juga membuka jaringannya dengan model waralaba, seperti pendidikan, kecantikan, teknologi, kesehatan, hingga bisnis jasa. Bahkan diantaranya sudah lolos untuk go international. Bisnis model waralaba di tahun 2014 dipercaya akan prospektif. Bila anda belum memahami apa itu waralaba? Bisa lihatgambarannya di sini!

4. Bisnis Lewat Media Online
Sejalan dengan pertumbuhan pengguna internet, bisnis yang dilakukan lewat media online nampaknya juga akan bersinar kinclong, misalnya bisnis penjualan produk lewat toko online, afiliasi menggunakan facebook, dan sejenisnya.

5. Usaha Kuliner
Bisnis ini adalah bisnis yang tak pernah sepi, selalu bersinar dari masa ke masa. Hal yang bisa membuat anda bertahan dalam kompetisi bisnis kuliner adalah kreatifitas menciptakan menu makanan dan minuman yang nikmat, misalnya bakso unik, nasi bakar, dan sebagainya.

6. Bisnis Fashion
Sama halnya dengan usaha kuliner, bisnis di bidang fashion juga tak pernah ada matinya. Namun sepertinya di tahun 2014 ini, bisnis sablon dan digital printing kaos lebih berpeluang menghasilkan untung berlimpah. Hal ini tidak terlepas dari agenda pemilhan umum dan moment piala dunia (usaha baju jersey tim worldcup).

7. Bisnis Otomotif (Reparasi dan Modifikasi)
Meskipun tahun 2013 dan 2014 diprediksi masih terjadi krisis ekonomi di kawasan Eropa, namun di Asia situasinya kemungkinan lebih baik. Pangsa pasar mobil dan motor di Indonesia pada tahun 2014 diperkirakan tetap bagus, apalagi banyak produsen-produsen otomotif yang berencana meluncurkan mobil murah. Sehingga secara tidak langsung juga memberi dampak positif bagi para pelaku usaha reparasi,aksesoris dan modifikasi otomotif.

8. Bisnis Buku Teks Pelajaran
Di pertengahan tahun 2013, pemerintah melalui Kemendiknas telah meluncurkan kurikulum baru bagi sekolah-sekolah yang ditunjuk. Dan tahun 2014, program implementasi kurikulum baru tersebut akan semakin diperluas ke sekolah-sekolah lain. Hal ini tentu memerlukan buku teks pelajaran yang baru. Nah jika anda ingin membuka bisnis toko buku atau menjadi penulis buku, maka manfaatkan moment tahun 2014 ini untuk menggali keuntungan, khususnya penjualan buku-buku teks pelajaran dari jenjang TK hingga SMA.
Yang namanya bisnis kuliner tidak akan pernah kekurangan pasar. Kebutuhan fisiologis manusia yang satu ini memang sudah terlilit-lilit dengan berbagai macam ekstensialis, mulai dari cita rasa hingga gaya hidup! Salah satu jenis kuliner yang sukses memadukan hal ini adalah Dim Sum. Jenis kuliner yang – namanya – diimport dari Hongkong ini sudah akrab di lidah masyarakat Nusantara terutama yang diperkotaan. Sehingga saat ini hampir disetiap mall, kita bisa temukan beberapa konter dim sum.
Makanya, merengkuh pasar kuliner dim sum di Indonesia rasanya merupakan salah satu peluang usaha yang patut dicoba. Salah satu master waralaba dim sum yang bisa anda coba adalah dimsummbledos.com. Dengan modal yang tergolong kecil, yaitu start dari 9 juta rupiah, anda sudah bisa menjadi pengusaha dim sum di kota anda. Harga segitu sudah mencakup segala kebutuhan untuk memulai usaha, bahkan hingga sabun pencuci sekalipun!
Yang memang menjadi penting adalah lokasi atau pemilihan tempat usaha. Mall memang menjadi sasaran utama, karena ada nilai gaya hidup yang beriringan dengannya. Atau membuka kedai dim sum khusus dekat areal kampus juga bisa dijadikan alternatif, dikarenakan kaum mudalah yang paling sering menempatkan gaya hidup pada urutan terdepan

Bisnis Kreatif

Bisnis online juga membutuhkan suatu ide kreatif,kadangkalaCukup dengan hal sederhana yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.Masih ingat kisah sukses yang diraih oleh perusahaan teh sosro. Sang pemilik hanya memiliki ide sederhana yaitu menjual minuman dalam kemasan botol. Tapi inilah yang disebut kreatif, hal sederhana yang membuat usaha sosro menjadi BESAR. Kalau anda mempunyai sebuah idebisnis, sebaiknya anda tidak terobsesi untuk “sekedar” mengembangkan ide usaha kreatif. 

Bisnis kreatif bukan sekedar ide

Anda harus benar-benar tahu apakah ide peluang bisnis baru tersebut bisa anda jalankan atau tidak.Menemukan ide dan jenis usaha yang cocok yang bisa anda jalankan tidaklah gampang. Tapi anda bisa mengingat beberapa hal di bawah ini untuk menilai apakah ide bisnis kreatif anda layak atau tidak untuk dijalankan.

1. Mempunyai ide saja tidak cukup.
 Banyak para calon pengusaha yang takut untuk mengemukakan ide bisnis kreatif mereka kepada orang lain karena khawatir akan ada yang mencuri ide tersebut. Banyak juga yang bercerita bahwa ide bisnis kreatif mereka dicuri orang. Sebenarnya sah-sah saja seseorang tidak menceritakan ide bisnis kreatif mereka.Tapi yang harus anda ingat bahwa ide bisnis kreatif hanyalah ide bisnis, tidak lebih. Ide bisnis kreatif bukanlah sebuah bisnis. Saya mempunyai teman selalu punya banyak ide bisnis kreatif. Tetapi tidak berarti dia bisa mengerjakannya semua. Kuncinya adalah pelaksanaan. Membangun bisnis itu perlu kerja keras, ketabahan dan manajemen keuangan yang baik. Baru kemudian anda tambah dengan menu selalu kreatif. icon smile Tips Bagaimana Seharusnya Mencari Ide Bisnis yang KreatifPelaksanaan bisnis selalu lebih unggul daripada ide bisnis yang hebat. Anda tidak bisa membeli nasi goreng dengan setumpuk ide bisnis kreatif. Bisnis yang berjalan dan bisa mendapatkan profitlah yang bisa anda gunakan untuk membeli nasi goreng, bahkan hingga gerobaknya kalau penjualnya mau.

 2. Jangan terlalu berfokus pada ide bisnis yang baru untuk berhasil.
 Kadang-kadang bisnis yang baik dan menguntungkan berasal dari ide bisnis kecil yang sederhana. Mungkin memang benar Bill Gates-lah yang membuat dan mempopulerkan sistem operasi windows yang user friendly. Tapi anda bisa memperoleh uang dengan “hanya” membuka kursus pelatihan bagaimana mengoperasikan sistem operasi windows tersebut.Anda tidak perlu membawa sebuah ide bisnis gila yang dahsyat dengan menciptakan sistem operasi buatan anda sendiri. Banyak orang yang tidak ingin memiliki bisnis kelas dunia yang berukuran super raksasa. Mereka hanya ingin memiliki perusahaan yang menguntungkan. Anda bisa tiru itu.

 3. Kadangkala ide bisnis baru yang luar biasa bisa menjadi bumerang bagi anda.
 Satu kiat sukses bisnis dari Rhonda Abrams adalah : “Lebih mudah memperoleh satu bagian kecil dari pasar yang sudah ada daripada menciptakan pasar baru“. Kalau anda benar-benar siap secara mental dan siap menanggung konsekuensinya, ide bisnis baru akan bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.Tapi yang harus anda ingat adalah, menciptakan pasar yang baru adalah hal yang sulit, membutuhkan banyak waktu dan biaya yang besar. Saya pernah mengalaminya hingga sekarang. Produk baru saya membutuhkan perencanaan bisnis yang lama. Saya harus memecahkan segala permasalan produksi, mencari pemasok dan menciptakan pasar. Sangat susah untuk mengedukasi pasar.

 4. Perhatikan dan pelajari juga ide bisnis yang lama.
 Sebagian besar ide bisnis terbaik untuk bisnis baru berasal ide-ide bisnis yang pernah dikembangkan sebelumnya. Ketika sebuah industri berkembang dan perusahaan-perusahaan besar mulai mendominasi, seringkali mereka mengabaikan sebagian kecil konsumen atau pangsa pasar mereka.Padahal pangsa pasar tersebut masih cukup menguntungkan. Anda bisa mendapatkan peluang untuk meraih pangsa pasar tersebut. Setiap ide bisnis yang terbaik bagi anda harus di wujudkan dan di perkenalkan ke dunia luar,salah satu cara terbaik memperkenalkan lewat internet. Saya menyarankan anda untuk mempelajari begaimana cara memasarkan/memperkenalkan suatu produk dengan cara yang baik . Tidak hanya pelajaran yang anda dapatkan tetapi anda juga bisa bertukar pengalaman tentang cara promosi suatu produk dengan sesama membernya.. 

Jumat, 22 Agustus 2014

Jenis Usaha Sampingan di Rumahan Yang Menjanjikan

Bertemu kembali, sobat calon wirausahawan, Bagaimana keadaan usaha rumahan anda? Pada artikel kali ini, admin akan berbagi Jenis Usaha Sampingan di Rumahan Yang Menjanjikan. Semoga informasi ide peluang usaha ini bermanfaat bagi anda yang ingin memulai membuka bisnis baru di rumah.

Sebelum admin membahas jenis usaha sampingan di rumah, ada pandangan ide usaha sampingan di rumahanlainnya yang dapat anda coba (baca: usaha ringan menguntungkan) semoga ulasan di bawah ini bermanfaat bagi anda.

Usaha Sampingan membuat Boneka

Boneka merupakan barang yang disukai oleh seorang wanita, mulai dari anak-anak hingga dewasa (belum menikah). Sehingga bisnis rumahan ini cukup menjanjikan bila dijalankan.

Supaya dapat semakin menarik minat, anda dapat menerima pesanan boneka sesuai dengan permintaan konsumen. Sebab terkadang boneka digunakan sebagai kado, sehingga butuh yang bagus dan unik.

Usaha Sampingan membuat Souvenir

Bila anda suka membuat kreativitas, tak ada salahnya anda menjalankan bisnis souvenir. Namun bila anda belum bisa membuat suatu souvenir, anda dapat membaca tutorial-tutorial pembuatan souvenir di internet. Sehingga dari situ nantinya anda dapat menemukan ide dan ide tersebut nantinya dapat menjadi sebuah karya yang akan bernilai jual.

Ada salah satu wanita yang cukup sukses dalam menjalankan bisnis souvenir ini. Dan yang menarik, souvenir yang dibuatnya berasal dari barang-barang bekas dan daun-daun kering. Siapa namanya, saya sendiri lupa, namun karya-karyanya masih melekat di pikiran saya.

Sudahkah anda mempunyai inspirasi ide membuka peluang usaha di rumah? Jika anda tidak berminat dengan jenis usaha sampingan di atas, anda bisa baca ide bisnis di situ terdapat banyak ide bisnis yang dapat anda ambil inspirasi.

Cara Mencari Modal Usaha Kecil

Cara Mencari Modal Usaha Kecil - Banyak orang pemula ingin sukses memulai bisnis namun terdapat kendala yang menjadikan bisnis itu gagal. Karena segala jenis bisnis pasti membutuhkan modal awal. Nah Untuk anda yang bingung mencari jenis usaha untuk memulai bisnis, anda bisa baca: Bingung Cari Ide Peluang Usaha? Ini Solusinya

Nah untuk anda yang sedang bingung mencari modal usaha, kali ini saya berikan beberapa celah dalam mencari modal usaha yang paling mudah, dengan syarat anda mau mencobanya.     

1. Meminjam Modal ke bank

Cara mencari modal usaha yang pertama untuk memperoleh modal yaitu meminjam ke bank. Namun anda harus berani mengambil resiko bila nantinya usaha gagal dan anda masih tetap harus mengembalikan uang ke bank. Selain itu, anda perlu memiliki sertifikat tanah atau BPKB kendaraan sebagai agunan. Perlu diperhatikan, bahwa ternyata banyak sekali wirausahawan yang memilih cara ini untuk menjalankan atau memajukan usaha mereka.

Bila anda masih takut untuk meminjam ke bank atau tidak memiliki agunan. Maka anda bisa meminjam ke saudara atau ke orang tua.
                                              
2. Menjalin kerja sama (Joint Venture)

Cara mencari modal usaha yang kedua dalam hal ini anda dapat mencari orang yang mau menanamkan modalnya untuk usaha anda. Bila anda tidak memiliki pengalaman biasanya mereka (pemilik modal) tidak mau melakukan kerjasama, walaupun penawaran anda cukup menjanjikan.

Namun bila anda sudah berpengalaman, serta bisa jadi kenal cukup baik dengan pemilik modal. Maka mendapatkan modal itu sangat mudah sekali.

3. Menabung
Cara mencari modal usaha yang ketiga. Bila masih takut untuk meminjam, atau sulit menemukan orang yang mau meng-investasikan uangnya. Maka menabung adalah cara yang paling mudah. Sebab kita hanya harus menyisihkan sebagian penghasilan yang kita miliki. Dan bagi yang masih sekolah atau kuliah dapat menyisihkan uang jajan yang diberikan oleh orang tua.

4. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Bagi anda seorang mahasiswa, anda dapat memperoleh modal usaha dari PKM. Modal yang bisa anda ajukan juga cukup besar yaitu sekitar 10 juta rupiah.

Dari ke empat cara mencari modal usaha di atas, semuanya bisa anda peroleh asalkan anda mau bekerja keras untuk meraihnya karena cara mencari modal dengan meminjam bank seperti contoh nomor 1 diperlukan jaminan yang sangat besar dari pada modal yang di pinjamkan, tapi semuanya akan berhasil jika itu dilakukan dengan sungguh-sungguh baca: 100 juta/Bulan dari bisnis rental mobil

Ide Peluang Usaha Makanan Beku dan Unik

Ide Peluang usaha makanan ringan dengan cara di bekukan saat ini mulai di cari banyak orang.  Peluang Usaha ini tergolong bisnis franchise makanan. Nah untuk anda yang tergiur dengan hasil yang di dapat dari usaha makanan beku ini segerahlah anda memanfaatkan kesempatan ini sebelum banyak orang yang menjalankannya.

Untuk Memulai usaha makanan beku (freezer) ini anda harus membutuhkan tempat. Anda bisa memanfaatkan sebagian garasi rumah anda , teras rumah atau pun bahkan ruang tamu. Yang penting keberadaan usaha makanan beku ini bisa diketahui oleh pelanggan anda. Menjalankan usaha makanan beku ini anda tidak perlu ketrampilan khusus dan usaha ini juga dapat dikerjakan oleh anggota keluarga anda. Peluang usaha makanan beku ini tergolong jenis peluang usaha makanan dengan modal kecil karena tidak banyak modal yang harus di keluarkan. Namun itu semua anda yang menilai.
Perangkat yang di butuhkan dalam menjalankan usaha makanan beku ini ialah freezer atau mesin pembeku untuk menyimpan makanan ringan seperti halnya kulkas biasa, bagi anda yang baru memulai usaha ini bisa memanfaatkan kotak freezer yang ada di kulkas,akan tetapi kapasitas nya sangat terbatas.untuk menekan biaya anda bisa membeli freezer bekas yang masih baik. kalau memang dananya belum mencukupi untuk membeli freezer yang baru. Untuk melihatharga mesin freezer bisa anda cari disini

Dalam membuka peluang usaha makanan beku ini anda bisa menjadi distributor bagi pedagang jajanan keliling. Strateginya adalah harga murah. Prosentase keuntungan anda mungkin menurun, tetapi total omset bisa terdongkrak. Di samping itu, anda berkesempatan menjual produk pendukung, seperti saos, sambal, minyak goreng, tusuk sate.

Mungkin itu saja produk yang sementara bisa anda jual, dan tidak menutup kemungkinan anda akan lebih berfikir maju jika anda sudah lebih profesional dalam menjalankan peluang usaha makanan beku ini. Semoga bermanfaat.

5 Tips Agar Konsumen Kembali Mempercayai Bisnis Anda

Setiap manusia pasti tak luput dari kekeliruan dan kesalahan, termasuk juga Anda sebagai seorang pebisnis. Anda pasti pernah mengambil keputusan atau tindakan yang akhirnya merugikan pelanggan. Bila sudah begini, tentu saja hubungan Anda dan pelanggan dapat renggang atau bahkan bisa saja pelanggan tak lagi percaya dengan kualitas bisnis Anda.
Jangan terlalu panik dan kawatir dengan masalah yang tak sengaja Anda lakukan.Tenangkanlah diri agar pikiran lebih jernih untuk memikirkan cara apa yang dapat Anda lakukan  untuk mengembalikan kepercayaan pelanggan. Nah, sebagai bentuk antisipasi ketika Anda tak sengaja melakukan kesalahan dalam berbisnis, bacalah dulu tips-tips penting berikut ini agar pelanggan tak terlanjur kecewa terhadap integritas bisnis Anda:

1. Sajikan Informasi Seputar Bisnis Secara Lengkap

Untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman terhadap bisnis Anda. Cobalah untuk melengkapi informasi, syarat dan ketentuan melalui media offline (brosur, spanduk, pamflet dll) dan media online (website, blog atau social media lainnya). Informasi yang lengkap dan rinci dapat meminimalkan kesalahan persepsi dan maksud yang diekspektasikan pelanggan.
Anda juga dapat menambahkan fitur FAQ (Frequently Asked Question) yang mencakup sejumlah pertanyaan dan keluhan yang sering disampaikan para pelanggan anda. FAQ akan menjadi salah satu panduan yang berharga bagi calon pelanggan yang baru mengenal bisnis Anda.
Dalam proses pemberian informasi tentang usaha Anda sebenarnya yang paling penting adalah bagaimana pemaparan tersebut benar-benar mempresentasikan bisnis Anda dan jangan sampai ada hal yang bermakna dua atau membingungkan. Bersikap jujur dan jelas, itulah yang dibutuhkan.

2. Minta Maaf Sesegera Mungkin

Perjalanan bisnis memang selalu diwarnai dengan berbagai kendala, kekurang cermatan atau ketidaktelitian dari para pelaku yang terlibat di dalamnya. Hendaknya saran dan kritik pedas yang dilontarkan oleh pelanggan dapat disikapi secara sopan, lapang dada dan menjadikannya sebagai masukkan yang sangat berguna.
Jangan memasang mimik wajah cemberut atau marah ketika pelanggan Anda sedang menyatakan rasa kecewa dan komplainnya terhadap bisnis Anda. Segera sampaikan permintaan maaf secara sopan kepada pelanggan yang sedang merasa kecewa. Gunakanlah bahasa yang bersahabat, ekspresi yang sopan dan sungguh-sungguh agar pelanggan dapat menerima permintaan maaf Anda.

3. Jangan Sepelekan Ucapan Pelanggan

Alangkah baiknya bila kita menunjukkan rasa peduli dan mulai mencoba mendengarkan keluhan pelanggan secara baik dan teliti. Biarkanlah pelanggan Anda melampiaskan amarahnya hingga selesai dan jangan mencoba untuk memotong pembicaraannya.
Biasanya emosi pelanggan akan lebih membaik setelah mencurahkan kekecewaannya terhadap bisnis Anda. Hal ini secara tak langsung juga akan memberikan kita kesempatan untuk memikirkan solusi terbaik bagi permasalahan bisnis yang sedang anda alami. Jadi, tetaplah tenang dan tak terpengaruh dengan keadaan emosi yang memanas.

4. Tetaplah Menjadi Pebisnis yang Percaya Diri

Tetaplah menjadi pebisnis yang percaya diri setelah menanggapi keluhan dan kekecewaan yang disampaikan oleh para pelanggan. Lengkapi sikap percaya diri dan jiwa besar dengan tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas bisnis berbekal masukan dan kritik berharga dari para pelanggan Anda.
Lakukan cara positif untuk kembali menjalin komunikasi yang akrab dengan para pelanggan. Sikap sopan dan beretika akan membuat para pelanggan merasa segan dan ini akan sedikit demi sedikit memulihkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda. Terkadang tahap ini merupakan yang tersulit, tak jarang banyak pengusaha yang mulai meragukan kelanjutan bisnisnya ketika menemui kendala atau ketidak percayaan konsumen.

5. Berikan Gift Sebagai Bentuk Permintaan Maaf

Anda dapat memberikan gift sebagai bentuk permintaan maaf secara nyata kepada pelanggan. Misalnya saja pelanggan merasa kecewa pada produk kuliner Anda yang mengalami penurunan kualitas rasa, maka Anda dapat berupaya mengembalikan kepercayaan mereka dengan cara memberikan tester produk gratis dengan kualitas rasa yang telah ditingkatkan. Atau Anda juga dapat memberikan potongan harga kepada para pelanggan yang sedang mengalami kekecewaan.
Jadi, apapun tipe pelanggan yang kita hadapi, cobalah untuk senantiasa menghadapinya dengan kepala dingin dan hati yang berjiwa besar. Jangan menjadikan kekecewaan pelanggan sebagai suatu kegagalan dalam berbisnis. Akan tetapi, mulailah menerima saran dan kritik dengan tangan terbuka. Karena sesungguhnya tak ada bisnis yang tidak melalui halangan untuk mencapai puncak kesuksesan. Tetap semangat dan menjadi pebisnis yang bijak, ya.

 
BLOGGER INDONESIA